Gerakan KPI Peduli Koin


KPI Peduli Koin

Konsep Dasar dan Tujuan
Kegiatan ini disebut sebagai “Gerakan KPI Peduli Koin” yang dilakukan dengan menampung uang logam (koin) dari para donatur. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan pendidikan karakter kepada seluruh civitas akademik di lingkungan KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Pendidikan karakter merupakan salah satu pengembangan konsep pendidikan dalam ranah afektif.
Gerakan KPI Peduli Koin hanya menampung uang logam (koin) yang dikumpulkan ke dalam kotak-kotak yang sudah disediakan oleh tim pengelola.
Konsep ini dilatar belakangi oleh sebuah keprihatinan terhadap fenomena umum, dimana banyak orang yang cenderung kurang menaruh perhatian hal-hal kecil yang terlihat sepele karena dianggap sebagai hal yang “tidak ternilai”, misalnya kepedulian terhadap uang logam (koin). Pada saat ini sudah menjadi kelaziman pada proses transaksi di beberapa minimarket, pembeli cenderung mengizinkan kepada kasir untuk menyumbangkan kembalian dengan nominal kecil tanpa perlu ditanya diperuntukkan sumbangan tersebut. Oleh karena itu, sebagai insan akademis yang bernaung di bawah institusi islam, sudah selayaknya kita mulai peduli dengan peredaran dana yang tidak jelas peruntukkannya.

Dasar pemikiran kedua adalah bahwa selama ini banyak kegiatan akademik khususnya yang diselenggarakan oleh mahasiswa tidak ditunjang oleh dana yang memadai. Oleh karena itu, kegiatan KPI Peduli Koin diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif sebagai sarana pengumpulan dana kegiatan akademik tersebut.
Kegiatan ini tentu saja tidak akan bisa berlangsung dengan baik tanpa partisipasi dan dukungan dari seluruh civitas akademik. Oleh karena itu, kami segenap tim pengelola kegiatan berharap agar segenap civitas akademik berkenan untuk menyumbangkan koin-koin yang tidak terpakai untuk kegiatan yang dimaksud. Untuk kegiatan ini, tim pengelola menyediakan  dua buah kotak yang diletakkan dilingkungan gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
Pengelolaan
Kegiatan KPI Peduli Koin ini dikelola secara bersama-sama antara mahasiswa jurusan KPI dibawah koordinasi ketua dan sekretaris jurusan. Jika ada dosen KPI yang bersedia menjadi anggota tim pegelola dan/atau koordinator kegiatan, tentu saja akan sangat memberikan suntikan moral bagi jurusan dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut.
Untuk menjaga keamanan , maka setiap pagi kotak-kotak koin yang dilengkapi gembok pengaman diletakkan pada tempat yang strategis dan dipantau secara bergantian oleh mahasiswa yang telah ditunjuk oleh jurusan, dan pada sore hari disimpan di ruang jurusan.
Kotak koin akan dibuka setiap satu bulan sekali secara bersama-sama antara tim pengelola. Hasil dari koin yang terkumpul dihitung bersama-sama dan disimpan oleh pengelola untuk cadangan dana kegiatan akademik dan/atau kegiatan sosial, khususnya untuk menunjang kreativitas mahasiswa jurusan KPI.
Penanggung Jawab
Kegiatan Gerakan KPI Peduli Koin ini merupakan gerakan moral yang dikelola atas dasar suka rela yang diprakarsai oleh jurusan, sehingga sifat kegiatan bukan moral – struktural. Meskipun demikian, ide tentang kegiata ini telah dikonsultasikan dengan pejabat Fakultas yang bertanggung  jawab dalam bidang keuangan.
Dalam upaya menjaga ketertiban pelaksanaan kegiatan maka dalam hal ini ketua jurusan KPI, sebagai pihak yang memprakarsai kegiatan, mempunyai kewajiban untuk bertanggung jawab terhadap proses pelaksanaan kegiatan.
Penutup
Demikian draft kegiatan yang sangat sederhana ini kami buat dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan. Kami mengharapkan masukan dan saran dari semua civitas akademik jurusan KPI untuk menyempurnakan draft ini, sehingga kegiatan kecil ini bisa memberikan manfaat bagi semua warga KPI serta mempererat tali persaudaraan.
Atas dukungan, saran, masukan, dan partisipasi dari semua warga KPI kami sampaikan. Terimakasih yang tak terhingga. Kurang lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak

Do you have any doubts? chat with us on WhatsApp
Hello, How can I help you? ...
Click me to start the chat...