Tata cara Pengisian KRS

         
            Semarang (02/02/17) satu semester ganjil telah berlalu dan jadwal kuliahpun telah selesai. Itu artinya mahasiswa wajib mengisi kartu rencana studi (krs) untuk semester genap. Krs berisi mata kuliah selama satu semester. Pengisian krs  dapat dilakukan setelah membayar uang kuliah tunggal (ukt) dan ketika waktu pengisian krs telah dibuka oleh pihak akademik. Maka, mahasiswa akan disibukkan dengan kegiatan mengisi krs. Pengisian krs sekarang dapat diakses melalui media online. Jadi, pengisian dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Disitulah salah satu keunikan dimana fenomena krs terjadi. Tempat yang dilengkapi dengan jaringan wifi akan dipenuhi mahasiswa yang akan mengisi krs secara bersamaan dan terkadang jaringan yang sempat eror karena banyaknya pengguna yang mengakses. Berikut beberapa tips untuk mengisi krs:
  • Buka layanan akademik (akademik.walisongo.ac.id)
  • Klick pilihan login sistem
  • Isi password dan username
  • Klick pilihan pengisian krs
  • Tentukan mata kuliah yang akan kamu ambil
  • Jika mendapatkan mata kuliah paketan, pilihlah mata kuliah yang bercode sama sesuai dengan jurusan, ruang kelas, dan semester
  • Namun, jika anda tidak mendapatkan mata kuliah paketan isilah krs anda dengan mata kuliah yang belum pernah diambil pada semester sebelumnya
  • Pastikan mata kuliah yang diambil belum pernah diambil di semester sebelumnya agar tidak membuang waktu perkuliahan
  • Perhatikan dosen yang akan mengampu selama satu semester
  • Pilih dosen yang pembelajarannya sesuai apa yang diinginkan agar mudah dalam proses pembelajaran
  •  Pastikan mata kuliah yang diambil tidak bertabrakan dengan mata kuliah lain
  • Dan yang terakhir yakni cetak krs

Selain itu pemilihan mata kuliah peketan dapat dilihat di buku panduan akademik jurusan  komunikasi dan penyiaran Islam, di buku panduan tersebut kita dapat melihat mata kuliah yang harus kita pilih, dalam mata kuliah yang dipaketkan sudah ada kode dari masing-masing kelas, dan dihimbau agar selalu memilih paket sesuai kelas masing-masing, dan jika KRS mahasiswa melebihi SKS Mata kuliah paketan kelas, diperkenankan mengambil mata kuliah kelas lain dengan petunjuk buku panduan akademik.
 konsultasikan kepada Dosen wali tentang mata kuliah yang akan diambil juga sangan penting sekali untuk menghindari kesalahan dalam pengambilan mata kuliah.
Yang paling penting untuk di perhattikan adalah pengambilan mata kliah, usahakan mengambil mata kuliah prasyarat terlebih dahulu, contoh: Ulumul Qur’an adalah prasyarat Tafsir dan Tafsir adalah prasyarat Tafsir Dakwah. Jadi pengambilan tiga makul tersebut harus bertahap dan urut tidak boleh diambil dalam satu semester bersamaan
Kurikulum program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam terdiri dari 152 SKS yang diklasifikasikan dalam 2 Kelompok rumpun mata kuliah, yaitu Mata Kuliah Dasar (MKD) terdiri dari mata kuliah yang diajarkan dalam rangka membentuk dasar-dasar keilmuan dengan ciri-ciri lulusan yang dihasilkan. Mata Kuliah Utama (MKU) yaitu mata kuliah yang dimaksudkan sebagai pembentuk kompetensi utama profesi lulusan prodi. Dalam mata kuliah utama terdaoat mata kuliah konsentrasi yang dimaksudkan untuk membentuk lulusan yang ahli di bidangnya.
Dalam jurusan KPI, terdapat tiga konsentrasi:
a.       Konsentrasi Penerbitan Islam
b.      Konsentrasi Radio Dakwah
c.       Konsentrasi Televisi Dakwah
Mata kuliah konsentrasi dapat diambil ketika sudah tuntas menyelesaikan Mata Kuliah Dasar dan Mata Kuliah Umum non Konsentrasi.

Memang, dalam pengambilan konsentrasi mahasiswa sering mengalami dilema karena berbagai sebab, diantaranya ketidakfahaman secara mendalam akan 3 konsentrasi tersebut, memikirkan prospek lulusan dari setiap konsentrasi, dan memikirkan keahlian yang dimiliki sebelum mengambil konsentrasi. Menurut penuturan Ibu Kajur KPI, Dra. Hj. Siti Sholichati, MA. Bagi mahasiswa yang akan mengambil Konsentrasi dihimbau agar melakukan pertimbangan dan mengkonsultasikan kepada Dosen Wali tentang konsentrasi yang akan dipilih, jangan hanya ikut-ikutan teman atau termakan isu-isu yang belum pasti mengenai pengkonsentrasian.(Aldini)



Info Lebih lanjut Hubungi : 085645635218 (WA)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak

Do you have any doubts? chat with us on WhatsApp
Hello, How can I help you? ...
Click me to start the chat...