Seminar Broadcasting HMJ KPI 2023, Kiat Menjadi Pembicara Ulung

HMJ KPI Adakan Seminar Broadcasting di Gedung Teater ISDB Soshum UIN Walisongo Semarang,
 Jum'at (31/3/2023)

HMJ KPI - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang adakan kegiatan Seminar Broadcasting, dengan mengangkat tema "Explore Your Mind To Be A Good Speaker" di Gedung Theater Syaikh Nawawi Al-Bantani ISDB Soshum UIN Walisongo Semarang, Jumat (31/3/2023).

Acara dimulai pada pukul 8.30 WIB dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Forkomnas KPI, dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua HMJ KPI, Isra Oktavianto. 

Selanjutnya, Ketua Jurusan KPI, H. M. Alfandi, M. Ag. dalam sambutan sekaligus pembukaan acara ini menyampaikan bahwa seminar ini merupakan suatu wadah bagi seluruh mahasiswa UIN Walisongo untuk mempelajari dan menguasai voice over dan announcing.

“Mempelajari public speaking sangat penting, bukan hanya jurusan KPI saja, tetapi untuk seluruh mahasiswa UIN juga. Kemampuan berbicara ini juga harus dimiliki oleh semua orang, karena dari cara kita berbicara lah orang mengetahui karakter kita seperti apa”, ujar Alfandi.

Pada materi pertama, yaitu Voice Over (VO), Novia Widyastuti menyampaikan tentang pengertian, teknik, hingga macam-macam contoh VO. 

"Voice over itu sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan suara latar dari sebuah video atau yg biasa kita sebut voice over. Untuk karakter suara dan pembawaannya, kita harus mengikuti keinginan klien kita", jelas Novia.

Sementara itu, materi kedua, Eva Risti Winata menjelaskan perbedaan Announcer, Master of Ceremonies (MC), dan voice over, hingga berbagai manfaat yang kita dapatkan jika kita mempelajari hal ini.

"Pentingnya public speaking, announcing serta belajar tentang voice over ini memang ga dipake sekarang, tapi pasti akan berguna untuk kedepannya. public speaking ada banyak macemnya, mulai dari announcer, mc, hingga voice over", kata Eva Risti. 

Para peserta juga diajak bermain game dan ice breaking di sela pemaparan materi, serta ada hiburan live music dari Dinda, salah satu mahasiswi UIN Walisongo.

Acara berjalan lancar dan ditutup dengan pembagian hadiah, serta foto bersama dengan seluruh pemateri dan peserta seminar broadcasting.

Diharapkan dengan adanya acara Seminar Broadcasting ini, peserta yang meliputi mahasiswa/i UIN Walisongo dapat berlatih bagaimana kita bisa berkecimpung di ranah pengolahan suara, dan lebih percaya diri untuk berbicara di depan umum.

Penyunting: Wilujeng Nuril Sabila

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak

Do you have any doubts? chat with us on WhatsApp
Hello, How can I help you? ...
Click me to start the chat...