KPI UIN Walisongo Kunjungan ke Surabaya, BPP Masjid Nasional Al Akbar Ajarkan Digitalisasi Dakwah


Kegiatan di dalam Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Kamis (25/5/2023)

HMJ KPI - Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang melakukan kunjungan ke Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Kamis, 25 Mei 2023. 

Kegiatan ini diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa KPI dari ketiga konsentrasi, yaitu Broadcasting, Jurnalistik, dan Public Relation. 

Kegiatan KKL ini merupakan praktik pertama dari Jurusan KPI di tahun ajaran 2023 dengan tujuan untuk mengasah skill serta menggali ilmu dalam dunia komunikasi. 

Ketua Jurusan KPI, M. Alfandi M. Ag., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Badan Pelaksana Pengelola (BPP) Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) yang telah menyambut dan berkenan menerima kunjungan dengan sangat baik. 

"Saya harap dengan adanya kunjungan KKL ini, para mahasiswa mendapatkan ilmu yang bermanfaat baik dari segi jurnalistik, broadcasting, hingga public relations yang nantinya mampu diterapkan dalam dunia kerja atau kehidupan bermasyarakat," kata Alfandi. 

Dalam pembukaan acara, ketua BPP Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Dr. H. Mohammad Sudjak, M. Ag., memberikan sambutan hangat kepada para peserta KKL. 

Mohammad Sudjak menyampaikan terima kasih atas kedatangan keluarga besar KPI UIN Walisongo Semarang di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. 

"Kami harap, keluarga besar KPI nyaman berkunjung di sini, mulai dari kebersihan hingga pelayanan yang kami berikan," sambutnya. 

Acara berlanjut dengan pemaparan materi oleh Sekkretaris BPP MAS Bapak H. Helmy M. Noor, S.IP terkait jurnalistik, broadcasting, hingga public relations yang ada di MAS. 

Kecanggihan teknologi dengan sosial tidak bisa dihindari oleh umat, karena pada umumnya manusia hanya bisa menerima. Hal tersebut mendorong pengelola masjid untuk melakukan inovasi melalui cara digitalisasi. 

Adapun Produk dari Jurnalistik MAS yaitu formasi kepada masyarakat dan membangun kerjasama dengan media massa yang ada di Surabaya. 

Dari broadcasting MAS yaitu dengan mendirikan studio dan membuat konten menyiarkan melalui Instagram, dan Youtube. Sedangkan public relations MAS mulai dari pelayanan prima yang diberikan hingga media relation yang dipergunakan.

Dinunah, peserta KKL sampaikan kegiatan ini sangat bagus. "Harapannya, setelah mendapatkan ilmu dan pengalaman mahasiswa bisa termotivasi untuk berkiprah di manapun berada dengan skill yang dimiliki," ungkapnya. 

Acara berjalan dengan lancar, peserta sangat antusias memberikan feedback pada sesi diskusi. Foto bersama sekaligus pemberian cenderamata menjadi sesi penutup kunjungan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Penyunting: Wilujeng Nuril Sabila


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak

Do you have any doubts? chat with us on WhatsApp
Hello, How can I help you? ...
Click me to start the chat...